The Wonder of Srigetuk Waterfall

Minggu, 29 Januari 2012

            Srigetuk adalah nama bagi sebuah kompleks air terjun yang terletak di desa Menggoran kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini terletak tak jauh dari pusat kecamatan Playen, sekitar 10km dari pusat kecamatan Playen. Seperti halnya air terjun pada umumnya, Srigetuk menyajikan keindahan melalui eksotisme air yang jatuh dari ketinggian. Namun air terjun ini memiliki kekhususan karena berada di tepi sungai yang cukup besar. Sungai tersebut adalah sungai Oyo yang juga terlihat cukup indah dengan warna airnya yang hijau bening, namun juga dapat berubah menjadi coklat bila hujan turun deras. Air terjun Srigetuk juga dihiasi oleh bukit-bukit yang juga terletak di tepi sungai Oyo. Bukit-bukit tersebut menjulang tinggi bila di lihat dari bawah. Warna dominan hijau dari tanaman yang ada di bukit tersebut menambah asri pemandangan di kompleks air terjun Srigetuk ini.  

Di kompleks air terjun Srigetuk sedikitnya terdapat tiga buah air terjun. Air dari air terjun tersebut bila di cari asalanya adalah berasal dari aliran air kali-kali kecil yang ada di atas air terjun. Kali-kali yang mengalirkan air tersebut juga di gunakan para petani setempat untuk keperluan irigasi sawah. Bila curah hujan tinggi akan membuat debit air semakin cepat dan semakin besar pula aliran air terjun.


Air terjun terbesar terletak paling jauh dari tempat start. Air terjun terbesar inilah yang menjadi daya tarik Air terjun Srigetuk. Aliran jatuh air terjun terbesar bercabang menjadi sedikitnya dua cabang akibat adanya batu yang memisahkan aliran air terjun tersebut. Di bagian bawah air terjun terdapat gundukan-gundukan batu yang cukup besar berbentuk khas akibat terkikis air. Air yang telah jatuh selanjutnya akan mengalir menuju sungai Oyo. Aliran air yang menuju sungai Oyo pun juga terlihat begitu indah akibat beningnya air yang melewati landasan batu-batu kapur yang khas. Yang tak kalah seru bila anda bisa berenang, anda dapat berenang di aliran air sungai Oyo yang cukup tenang bila hujan tak sedang turun. Bila anda tak bisa berenang dan ingin merasakan segarnya air sungai oyo, anda dapat menyewa pelampung kepada petugas yang ada di kompleks air terjun Srigetuk. 


Untuk mencapai air terjun terbesar, anda dapat berjalan menyusuri jalan kecil di tepi sungai Oyo. Jalan tersebut masih sangat alami dan hanya berbahan tanah yang sangat licin bila terkena air hujan. Jadi anda harus ekstra hati-hati bila ingin menyusuri jalan tersebut karena risiko jatuh sangat besar. Untuk yang lebih aman, anda dapat mencapai air terjun dengan menggunakan jasa perahu rakit yang telah tersedia di area tersebut. Selain lebih aman, menggunakan jasa perahu rakit tersebut terasa memiliki nilai lebih karena kita dapat menikmati keindahan yang lebih dengan menyusuri sungai Oyo. Sepanjang perjalanan menuju ke air terjun terbesar kita dapat melihat pemandangan yang cukup indah di kanan kiri sungai. Hanya dengan membayar Rp 5000,- per orang, anda akan di antar dan di jemput dengan perahu rakit tersebut.

Selain karena keindahan air terjun, sungai dan juga bukit, bila beruntung anda juga dapat bertemu dengan satwa-satwa yang cukup menarik di area air terjun Srigetuk. Burung, kupu-kupu, ikan, dragonfly, serta bermacam insect bisa anda temui di sana.

Sebagian satwa-satwa yang ada di air terjun Srigetuk.


Bila perut anda lapar, anda tak perlu khawatir. Dikompleks air terjun Srigetuk tersebut terdapat warung makan yang menyajikan berbagai jenis makanan. Dari pecel, gudangan, berbagai masakan ikan air tawar dan masih banyak lagi.
So….Anda tertarik???kunjungi dan buktikan sendiri keindahan yang tersaji di kompleks air terjun Srigetuk. Anda bisa menghubungi saya apabila anda tak tahu arah menuju air terjun tersebut. But if I have times to accompany you to go there. Hehe.. thanks for read

0 komentar:

Posting Komentar

Flowers

Flowers
The beauty Arachnis

Serangga galau

Serangga galau
The Romantic Insect

Amblyphigi

Amblyphigi
Salah satu biota penghuni ekosistem Gua
 

Browse